Komunikasi Dialogis dalam Konseling
untuk Memudahkan Memahami Klien
Oleh, Neni Noviza, M.Pd *)

A. ABSTRAK

Konseling pada dasarnya melibatkan komunikasi antara dua pihak yaitu konselor dan klien yang berlangsung dalam situasi konseling. Keberhasilan konseling sangat ditentukan oleh keefektifan komunikasi diantara partisipan konseling yaitu konselor, klien dan pihak lain yang terkait. Dalam hubungan ini konselor dituntut untuk mampu berkomunikasi secara efektif untuk menunjang pelaksanaan konseling. Salah satu keterampilan yang diperlukan oleh konselor adalah keterampilan berkomunikasi secara dialogis khususnya klien. Dengan cara ini, maka semua usaha dapat dilaksanakan dengan efektif dan seefisien mungkin.
Komunikasi dialogis pada dasarnya merupakan salah satu bentuk komunikasi interaktif antara satu pihak dengan pihak lain melalui penciptaan suatu situasi dalam upaya untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam pembuatan keputusan secara tepat. Komunikasi dialogis merupakan bentuk komunikasi dua arah antara dua orang individu atau lebih dalam membahas statu masalah tertentu dengan tujuan tertentu. Dalam prosesnya terjadi satu bentuk dialog atara satu pihak (konselor) dengan pihak lain (klien) dalam suatu situasi tertentu agar dicapai suatu pemahaman dan dapat membuat keputusan secara tepat.

Untuk dapat melaksanakan komunikasi dialogis dengan baik, diperlukan penguasaan materi masalah yang akan dikomunikasikan dalam proses konseling. Disamping itu diperlukan pula penguasaan berbagai keterampilan berkomunikasi secara efektif. Penguasaan materi dan keterampilan ini diwujudkan dalam penampilan secara efektif dalam suatu proses komunikasi informasi yang tepat dan akan memberikan gambaran mengenai hal-hal yang harus dikuasai dalam komunikasi konseling khususnya yang berkenaan dengan pengertian komunikasi dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan.

*) Dosen Jurusan BPI Fakultas Dakwah IAIN Raden Fatah Palembang

B. KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan landasan bagi berlangsungnya suatu konseling. Komunikasi dapat diartikan sebagai statu proses pemindahan informasi antara dua orang manusia atau lebih dengan menggunakan simbol-simbol bersama. Komunikasi sekurang-kurangnya melibatkan dua partisipan yaitu pemberi dan penerima. Komunikasi akan lebih efektif apabila tercapai saling pemahaman, yaitu pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh penerima. Secara umum proses komunikasi sekurang-kurangnya mengandung lima unsur yaitu pemberi, pesan, media, penerima, dan umpan balik. Secara sederhana komunikasi dapat dikatakan sebagai berikut: siapa (pemberi)…….mengatakan apa (pesan)………dengan cara apa (media)…….kepada siapa (penerima)……….dengan hasil apa (umpan balik). Proses tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

lebih lengkap download disini.