Pelatihan Revitalisasi Motivasi dan EtOs Kerja (PRM- OKE)

Kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan suatu lembaga untuk mewujudkan visi dan misinya. Salah satu indikator kualitas SDM yang mampu dengan baik mewujudkan visi dan misinya lembaga adalah adanya motivasi dan etos kerja yang tinggi pada setiap personilnya. Namun, kenyataannya tidak semua personil pada lembaga memiliki motivasi dan etos kerja sesuai dengan harapan lembaga. Ada yang memiliki motivasi kerja rendah, etos kerja rendah, komitmen terhadap tugas kurang, dan tidak disiplin. Hal ini mempengaruhi produktifitas lembaga itu. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja personil (karyawan, dan juga staf) suatu lembaga adalah melalui pelatihan-pelatihan. Revitalisasi (Penguatan dan Peningkatan) motivasi dan etos kerja (PRM-OKE).

Melalui pelatihan tersebut karyawan dapat menyadari kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan dirinya, untuk selanjutnya dengan memanfaatkan kekuatan motif yang direvitalisasi pada dirinya dapat mengurangi dan/atau menghilangkan kelemahannya itu, serta memahami tugas pokoknya untuk terlaksanakannya tugas itu dengan baik, lebih jauh, mereka mampu menjalin hubungan yang harmonis baik dengan antar karyawan dan antar karyawan pimpinan. Dengan demikian akan terjadi perubahan dalam diri karyawan dan staf/pimpinan, yaitu meningkatnya motivasi dan etos kerja; memiliki komitmen yang kuat dan dedikasi dalam melaksanakan tugasnya; serta meningkatkan produktivitas kerja.

 

Kondisi motivasi dan etos kerja di kalangan karyawan dan staf perlu diidentifikasi sejak awal untuk dapat diketahui perlunya dilakukan kegiatan PRESTASI OKE untuk perbaikan secepatnya suasana kinerja di lembaga secara optimal. Apabila kegiatan itu diperlukan makin lama kegiatan itu tertunda akan semakin banyak menimbulkan permasalahan yang lebih serius, sehingga kinerja lembaga menjadi kurang optimal, atau bahkan akan semakin menurun. Lebih Lengkap silahkan buku kecil yang memuat rambu-rambu Pelatihan Revitalisasi Motivasi dan EtOs Kerja (PRM-OKE) untuk digunakan bagi kelancaraan perencanaan dan pelaksanaannya oleh para konselor sebagai salah satu modus pelayanan di bidang peningkatan potensi, kemampuan karier para karyawan khususnya, dapat terwujud.

Penyelenggaraan PPRM-OKE dalam lembaga pemerintah, lembaga kerja swasta dan masyarakat diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan motivasi dan etos kerja para karyawan, dan juga pimpinan mereka. Hal ini menyentuh permasalahan nyata individu maupun kelompok pada lembaga-lembaga dimaksud, sampai dengan pengentasan masalah-masalah mereka. Dalam hal ini, model PRMI OKE menggunakan pendekatan psiko-humanistik-pendidikan. Pendekatan ini secara langsung mengembangkan motivasi dan etos kerja karyawan di satu sisi, dan di sisi yang lain memberikan kontribusi nyata kepada kehidupan karyawan itu di tengah lingkungannya, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sosial, lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat luas.

Panduan ini diharapkan dapat digunakan oleh pihak lembaga kerja dan penyelenggara PRESTASI OKE demi peningkatan mutu sumber daya manusia agar mampu berprestasi secara optimal.

Lebih lengkap silanhkan download Pedoman "Pelatihan Revitalisasi Motivasi dan EtOs Kerja (PRM-OKE)"