UNDANGAN TERBUKA

Kongres IMABKINSEMINAR INTERNASINAL KONGES DAN LKMN IMABKIN

Peringatan Hari Lahir Ke-4 IMABKIN dan Seminar Internasional, Talk Show dan Lomba Konseling Mahasiswa Nasional (LKMN) I, dan Kongres III IMABKIN

MAKASAR, 5 s.d 11 Desember 2011

Mahasiswa adalah aset bangsa yang memiliki potensi untuk menjadi pilar pembangunan bangsa ini. Keberadaan mahasiswa harus diakui sebagai proses pengkaderan untuk menggagas peran dan tanggung jawab mahasiswa yang dirasa cukup memiliki potensi sumber daya manusia yang memadai, tinggal bagaimana mengelola dan meberdayakannya. Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) adalah suatu organisasi mahasiswa bimbingan dan konseling satu-satunya di Indonesia yang sudah terdaftar secara resmi di DIKTI. IMABKIN secara resmi terbentuk melalui Kongres I IMABKIN pada bulan Desember 2007 di Jakarta.

Sebagai organisasi mahasiswa yang homogen dalam konsentrasi keilmuan yang dipelajari, IMABKIN merupakan suatu forum silaturrahim mahasiswa Bimbingan dan Konseling seluruh Indonesia yang berfungsi sebagai wadah untuk bertukar informasi dan pengalaman agar semakin memperkaya keilmuan tentang Bimbingan dan Konseling dan isu-isu terkait di masyarakat dan sebagai wadah aspirasi perjuangan mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Indonesia.

Untuk itu, IMABKIN perlu forum-forum formal untuk membahas isu-isu penting yang terkait dengan profesi Bimbingan dan Konseling, juga untuk merumuskan rencana strategis dalam mencapai tujuan-tujuan internal dan eksternal organisasi di tataran daerah, wilayah, dan pusat. Selain itu, dibutuhkan pengembangan sumber daya manusia IMABKIN agar organisasi ini dapat berjalan dengan optimal serta untuk semakin mengkokohkan eksistensi, pengakuan publik dan pemerintah atas keberadaan IMABKIN.

Berdasarkan pada pemikiran yang telah diuraikan di atas, maka dipandang perlu untuk mengadakan Kongres III IMABKIN sebagai suatu bentuk forum formal agar terjalin kordinasi serta dapat menghasilkan rumusan alur kepengurusan yang jelas dalam tubuh IMABKIN sendiri. Selain itu, Peringatan Hari Lahir Ke-4 dipandang penting diselenggarakan sebagai salah satu langkah untuk mengenang momen historis organisasi untuk tetap menjadi semangat bersama demi kemajuan organisasi tersebut dan profesi bimbingan dan konseling yang lebih baik. Selain itu, dalam Peringatan Hari Lahir tersebut juga akan diisi dengan berbagai kegiatan yang bersifat keilmuan dan sosial untuk mengembangkan potensi dan sumber daya yang dimiliki oleh IMABKIN.

Berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) 2011 Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 3 Juli 2011 di Universitas Pendidikan indonesia (UPI) Bandung maka Universitas Negeri Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan Kongres III Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN) yang merupakan hajatan terpenting yang dilaksanakan dua tahun sekali oleh IMABKIN. Kongres III IMABKIN rencananya akan dirangkaikan dengan peringatan Hari Lahir Ke-4 IMABKIN sehingga estimasi waktu yang digunakan tentu akan cukup lama dikarenakan rencananya dalam kegiatan tersebut akan diisi dengan beberapa kegiatan ilmiah diantaranya;

 

  • Peringatan Hari Lahir Ke-4 IMABKIN dan Seminar Internasional

Hari/ Tanggal : Senin, 5 Desember 2011

Waktu : Pukul 08.00 WITA – Selesai

Tempat : Celebes Convention Centre (CCC)

Jl. Metro Tanjung Bunga Makassar

  • Talk Show dan Lomba Konseling Mahasiswa Nasional (LKMN) I

Hari / Tanggal : Selasa dan Rabu, 6 & 7 Desember 2011

Waktu : Pukul 08.00 WITA – Selesai

Tempat : Hotel Grand Clarion Makassar

  • Kongres III IMABKIN

Hari/ Tanggal : Kamis – Minggu, 8 s.d 11 Desember 2011

Waktu : Pukul 08.00 WITA – Selesai

Tempat : Baruga Benteng Somba Opu

 

Download Panduan LKMN klik di sini

Undangan Kongres

Undangan LKMN

Proposal Kongres IMABKIN

Sumber: www.abkin.org