Image

Dalam upaya memulihkan mental psikologis korban gempa, Jurusan BK Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang bekerjasama dengan dengan Direktorat PTK-PNF Ditjen PMPTK Depdiknas selain menurunkan Tim untuk pelayanan Pelayanan Konseling Trauma Pasca Bencana Gempa di Sumatera Barat ke lokasi bencana juga membuka Posko Pelayanan Konseling Trauma di Universitas Negeri Padang.

Awalnya, tim konseling trauma turun langsung ke lapangan dengan sasaran peserta didik, guru dan orang tua/anggota mayasarakat, yang dinilai pemerintah setempat perlu mendapat layanan, sebagai upaya pemulihan atas kondisi mental psikologis mereka yang mengalami gangguan akibat musibah gempa. Namun Upaya ini tidak menjangkau semua lini masyarakat yang mengalami trauma, Ada sebagian kalangan yang belum mendapat pelayanan trauma. Oleh karena itu Tim Trauma konseling mendirikan satu posko di lapangan Universitas Negeri Padang yang diperuntukkan bagi anggota masyarakat yang mengalami trauma dan belum mendapat pelayanan.

 

Diharapkan kehadiran Posko ini dapat menjawab permintaan masyarakat yang menghendaki adanya sebuah pusat rehabilitasi trauma pasca gempa.

Program ini tujuannya sama dengan tujuan umum penyelenggaran konseling trauma yaitu : (1) Membantu pemulihan kondisi mental psikologis peserta didik sehingga dapat menjalani proses pembelajaran secara normal kembali (2) Membantu pemulihan kondisi mental psikologis para guru sehingga terbebas dari gangguan akibat gempa di satu sisi, dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran secara normal kembali di sisi lain. (3) Membantu pemulihan kondisi mental psikologis orangtua/warga masyarakat agar dapat segera menjalani kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat pada umumnya khususnya dalam membimbing anak-anak mereka dalam belajar (4) Program ini terarah kepada sasaran yang telah diidentifikasi mengalami dampak mental psikologis yang paling memerlukan bantuan melalui pelayanan konseling trauma.

Di Pokso ini Juga dilakukan kegiatan-kegiatan seperti sebagai berikut:

    • Terapi Permainan
    • Bimbingan/Konseling Kelompok
    • Konseling Individual
    • Pelayanan Informasi
    • Pelayanan Pembelajaran
    • Terapi Relaksasi
    • Pelayanan Berkehidupan dalam Keluarga/Masyarakat

Silahkan bawa anak-anak, adek, kakak, orang tua dan/atau saudara-saudaranya yang mengalami trauma ke posko pelayanan konseling trauma : Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus UNP Air Tawar Barat, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Telp/Fax. (0751) 41650

Semoga upaya yang kita lakukan dapat diberkahi oleh Sang Pencipta. Amin..