Kartini sendiri atau R.A Kartini atau Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Ia adalah seorang tokoh suku jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia.

Berkat perjuangan dan kegigihannya, Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional Indonesia, sekaligus menetapkan tanggal 21 April yang merupakan hari lahir Kartini, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2013 ini tentu akan menjadi momentum penting yang memiliki makna tersendiri bagi bangsa tercinta Indonesia.

Dengan memperingati Hari Kartini 2013, mari jadikan refleksi sejauh mana kaum perempuan terlibat dan turut andil dalam membangun bangsa ini. Memperingati Hari Kartini 2013 mari terus kobar dan bangkitkan semangat perempuan Indonesia untuk terus membangun bangsa tercinta. Bangsa Indonesia.

Selamat Hari Kartini
21 April 2013
Sumber: http://www.tercanggih.com/2013/04/selamat-hari-kartini-2013.html