Otak adalah bagian paling lembut, sekaligus organ paling krusial yang Anda punya. Melindunginya dari semua jenis kecelakaan/luka tak dipungkiri lagi harus menjadi prioritas, tapi juga tanggung jawab Anda untuk menjaga otak agar bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda juga harus makan menu yang tepat yang akan menjaga otak berfungsi dengan baik. Berikut 8 makanan yang membuat pintar.

 


1. Bawang putih
Bawang putih menjadi salah satu makanan yang membuat pintar karena mengandung antioksidan kuat, zat anti-penuaan, bersamaan dengan senyawa yang melawan infeksi. Oleh karena itu, selain melindungi dari flu, infeksi, batuk musiman dan dingin, bawang putih juga berguna untuk menangkal penyakit kardiovaskular.

2. Sayuran berdaun hijau tua
Homosistein adalah bahan kimia yang membantu metabolisme protein dalam tubuh. Tapi hati-hati, kelebihan homosistein dapat menyebabkan kerusakan dinding arteri, lho. Nah, sayuran berdaun hijau tua yang mengandung folat dan vitamin B12 dan B6, berguna untuk meruntuhkan homosistein dan memelihara otak agar cerdas.

3. Bayam
Bayam seperti bawang putih, mengandung antioksidan yang kuat dan anti-penuaan. Selain membantu Anda tetap muda, bayam juga mencegah defisit kognitif dan degradasi sistem saraf pusat, sehingga bayam dapat dikategorikan sebagai makanan yang membuat pintar. Kandungan folatnya membantu Anda menurunkan homosistein.

(Baca juga: Makan Kenari Biar Pintar)

4. Ikan
Ikan berminyak mengandung omega 3 asam lemak yang sangat baik untuk jantung dan otak. Omega 3 asam lemak dalam darah akan memicu serotonin, suasana hati atau mood yang meningkatkan hormon otak. Memasukkan ikan pada diet Anda membuat memori lebih kuat, kemampuan belajar efektif meningkat, dan sistem saraf menjadi kokoh.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun, terutama yang asli/natural, mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Polifenol membantu dalam mengatur tingkat tekanan darah normal dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda.

6. Red wine/jus anggur
Red wine, jika tak dikonsumsi berlebihan, justru dapat membantu dalam memperpanjang umur. Tetapi anggur merah mengandung alkohol yang memiliki kelemahan sendiri. Oleh karena itu, jus anggur bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Keduanya, anggur merah dan jus anggur, mengandung antioksidan yang tinggi. Mereka juga membantu dalam meningkatkan keterampilan motorik Anda serta memori jangka pendek Anda secara signifikan.

(Baca juga: Makan Belepotan Pertanda Anak Pintar)

7. Beras merah dan gandum
Beras merah juga menjadi salah satu makanan yang membuat pintar. Beras merah baik untuk kesehatan Anda karena mengandung vitamin tertentu dan mineral seperti magnesium. Seluruh biji-bijian mengandung vitamin B6 yang membantu mengurangi tingkat homosistein dalam tubuh Anda.

8. Arbei
Blueberry atau arbei mengandung banyak antioksidan yang membantu menangani dan menghilangkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Blueberry juga meningkatkan koordinasi dan keseimbangan Anda. Mereka meningkatkan memori dan keterampilan motorik juga. Blueberry menjaga tekanan darah normal dan membantu mencegah terjadinya stroke dengan melindungi pembuluh darah halus di otak Anda. (magforwomen)

Sumber: http://intisari-online.com