Konseling Indonesia BK | Bimbingan dan Konseling Indonesia | Pusat Referensi Konseling | - Jenis-jenis Layanan dalam BK

Search Situs
Konseling Indonesia
Jenis-jenis Layanan dalam BK PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 71
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh Ifdil   
Wednesday, 07 May 2008

Jenis Layanan

Prayitno, menjelaskan bahwa layanan BK mencakup sembilan jenis layanan, yaitu:

1) Layanan Orientasi

Layanan orientasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya klien dalam lingkungan baru tersebut.

 

 

2) Layanan Informasi

Layanan informasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan klien.

3) Layanan Penempatan dan Penyaluran

Layanan penempatan dan penyaluran yaitu layanan konseling yang memungkinkan klien memperoleh penempatan dan penyaluran yang sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

4) Layanan Penguasaan Konten

Layanan penguasaan konten yakni layanan konseling yang memungkinkan klien mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi pelajaran yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya.

5) Layanan Konseling Individual

Konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang konseli/klien. Konseli/klien mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat dipecahkan sendiri, kemudian ia meminta bantuan konselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya dengan pengetahuan dan ketrampilan psikologi. Konseling ditujukan pada individu yang normal, yang menghadapi kesukaran dalam mengalami masalah pendidikan, pekerjaan dan sosial dimana ia tidak dapat memilih dan memutuskan sendiri. Dapat disimpulkan bahwa konseling hanya ditujukan pada individu-individu yang sudah menyadari kehidupan pribadinya.

6) Layanan Bimbingan Kelompok

Bimbingan kelompok dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri konseli/klien. Isi kegiatan bimbingan kelompok terdiri atas penyampaian informasi yang berkenaan dengan masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi, dan masalah sosial yang tidak disajikan dalam bentuk pelajaran.

7) Layanan Konseling Kelompok

Strategi berikutnya dalam melaksanakan program BK adalah konseling kelompok. Konseling kelompok merupakan upaya bantuan kepada peserta didik dalam rangka memberikan kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Selain bersifat pencegahan, konseling kelompok dapat pula bersifat penyembuhan.

8) Layanan Mediasi

Layanan mediasi yakni layanan konseling yang memungkinkan permasalahan atau perselisihan yang dialami klien dengan pihak lain dapat terentaskan dengan konselor sebagai mediator.

9) Layanan Konsultasi

Pengertian konsultasi dalam program BK adalah sebagai suatu proses penyediaan bantuan teknis untuk konselor, orang tua, administrator dan konselor lainnya dalam mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang membatasi efektivitas peserta didik atau sekolah. konseling atau psikoterapi sebab konsultasi tidak merupakan layanan yang langsung ditujukan kepada klien, tetapi secara tidak langsung melayani klien melalui bantuan yang diberikan orang lain.

Comments
Search RSS
nina sumitri  - bk   |125.165.111.xxx |24-11-2008 23:21:58
sya mngmbil jrusan bk d dlam mta prkuliahan saya !apakah pebedaan dr knsling dan
knseling islam.apakah tmatan dari knseling islam bsa bkerja pda diknas
Iswandi  - selamat datang   |125.162.83.xxx |09-12-2008 21:38:57
aku mau konsultasi boleh ngga
mukhtamar   |125.165.165.xxx |21-10-2010 09:24:18
bagaimana caranya agar saya bisa menjadi konselor yang profesional?....
kristin  - BK   |125.163.211.xxx |23-12-2008 06:40:02
saya ada tugas untuk membuat resume mengenai 9 layanan konseling serta format
dan metodenya? bisa tolong bantu jelaskan format dan metodenya kayak gimana
y?thq
MIKO ANGELO  - SATLAN SMP     |125.163.209.xxx |29-01-2009 21:33:45
TOLONG BERIKAN CONTOH SATLAN UNTUK TINGKAT SMP DARI KELAS 7, 8, 9
TERIMA KASIH
meyke  - konsultasi   |202.152.39.xxx |18-03-2009 23:28:08
tolong berikan pengertian paling kurang lima definisi konsultasi menurut
beberapa literatur atau para ahli yang di ketahui. terima kasih
M.ilan Jauhari   |124.81.213.xxx |15-05-2009 07:49:44
tolong kirimkan contoh semua satlan dan kegiatan pendukun dalam bimbingan dan
konseling
nurma   |125.162.116.xxx |25-05-2009 06:00:58
layanan ini sangat bermanfaat
dolorosa murni   |125.167.185.xxx |17-06-2009 03:27:54
apakah alumni D2 PGSD masih direkrut pada penerimaan PNS mendatang?
RIIRIN  - BK   |125.160.60.xxx |20-06-2009 22:54:22
Makasih yaa. . .
Ririn  - BK   |125.160.60.xxx |20-06-2009 23:20:54
afwan y. . . tadi ada something truble dikit
aldo  - mahasiswa     |125.167.181.xxx |27-06-2009 17:16:32
saya senang membaca tulisan ini, saya juga ingin tahu bagaimana layanan
bimbingan konseling mengatasi anak yang mempunyai kasus keterlambatan akademik
evy zafitri  - mahasiswa bk jambi   |125.165.183.xxx |08-10-2009 07:07:05
saya ingin konsultasi mengenai skripsi pembuatan skripsi
evy zafitri   |125.165.183.xxx |08-10-2009 07:08:52
acc kisi2 koq lama betul ya
iis   |203.128.250.xxx |14-10-2009 17:48:06
makasih atas informasinya,saya msh memerlukan bantuan2 yang di berikan konselor
kepada klien beserta pengertian2nya
hanun  - penjelasan khusus   |125.164.86.xxx |22-10-2009 05:47:29
asslmualaikum..........
saya iangin tau penjalasan-penjelasan khususnya dari
setiap layanan pada bk,khususnya layanan orientasi. terima kasih
linda  - mhsiswi Bk   |125.162.124.xxx |16-11-2009 03:25:25
Aww,,,,
saya memerlukan penjabaran lebih dari tulisan ini,,,,,,,,
taopiu ini
cukup membantu untuk mengetahui penjelasan yang ada pda layanan
bk,,,,,
thanx..........
irma  - mahasiswi_BK   |114.125.49.xxx |27-11-2009 06:19:38
Saya sdg menulis skripsi nh,, blh g minta penjelasan tentang jenis-jenis
bimbingan di sekolah?tolong bantu ya,,,,
kasiyono   |110.139.240.xxx |09-10-2010 02:02:11
q jg bagi donk ilmunya.....
q jg lg nulis skripsi.
kasiyono Bk 07   |110.139.240.xxx |09-10-2010 02:14:46
?????
sayed khaidir     |110.136.251.xxx |20-02-2010 08:23:29
gw juga pusing mw pilih judul bwt skrpsi bntu gw donk!!!!!!!!!!!!!1
muhammad subhan   |110.137.93.xxx |25-02-2010 10:57:47
gmn cara mengoptimalkan kinerja Guru pembimbing / BK di sekolah?
sedgkn di kasih
waktu 1 jam 1x seminggu.........
Nikmah   |110.136.188.xxx |20-04-2010 05:55:21
jAbaRin dUnK tTg SiFaT** BiMbiNgan KonSEling....
mUmetZzzz nE...
mKaciH...
Khoir  - tanya-tanya deh..   |110.137.136.xxx |23-06-2010 01:25:00
itukan BK secara umum... jadi kalo layanan BK secara islami gimana tuh?
kasiyono   |110.139.240.xxx |09-10-2010 01:57:21
tolong dong kasi satlan layanan informasi yang terbaru. sklian dengan materinya.
tenks
yoga   |124.81.120.xxx |10-11-2010 21:35:27
tolong dong bantuin q nemukan judul skripsi + bantuin cra buatny .. q mumet ki
... hape ku 087832600243
dwi   |110.136.217.xxx |18-12-2010 08:37:14
sya punya tugas di suruh buat makalah yg bersangkutan dgan konseling
individu,,tlg bantu doung
neny  - layanan bk diperluas   |110.137.45.xxx |08-01-2011 04:48:31
saya pgn lebih tau apa yg di mksd dgn layanan bk diperluas berikut cnthnya
take   |180.249.185.xxx |17-02-2011 03:42:13
carikan kita materi bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan tampilan
pustaka
heni  - trims   |118.96.111.xxx |15-06-2011 01:54:37
dari semua penjabaran yang saya baca bahwa Bimbingan konseling sangat penting
untuk peserta didik maupun warga sekolah yang lain, tapi di kenyatannya
pelayanan-pelayanan yang seharusnya kita berikan, tidak diberikan ruang yang
cukup, jadi hanya pelayanan-pelayanan tertentu
watches-happy.   |61.241.207.xxx |24-07-2011 01:44:12
Fashion link:http://www.watches-happy.com/baume-mercier-w atches-baume-mercier-ham
pton-watches-c-5_6.html are specific and own great fashion style.the Replica link:http://www.watches-happy.com/baume-mercier-w atches-baume-mercier-ham
pton-watches-c-5_6.html are rather costly as they are made with the use
of jewels and metals. This makes them nearly unavailable for the
normal people.Our object is to supply you with first class services as well
as best imitation Baume & Mercier Hampton
link:http://www.watches-happy.com/baume-mercier-w atches-baume-mercier-ham
pton-watches-c-5_6.html portuguese chrono automatic, and make your
online shopping experience a wonderful one.
perfect-watches-replica   |61.241.207.xxx |24-07-2011 01:44:58
Like every authentic accomplishment, link:http://www.perfect-watches-replica.com/iwc-w atches-iwc-portugaise-wa
tches-c-116_119.html systematically barrage foreshorten in activity
up to complete consumer's expectations.The quality of  IWC link:http://www.perfect-watches-replica.com/iwc-w atches-iwc-portugaise-wa
tches-c-116_119.html is  unsurpassed and our customer service
is superior.Not abandoned does
link:http://www.perfect-watches-replica.com/iwc-w atches-iwc-portugaise-wa
tches-c-116_119.html  acquire accomplishment that ascertain
the authentic acceptation of quality, its  accomplishment is complete
admirable and is fashionably able to be exhausted for any  occasion.
replica-watch-brand   |61.241.207.xxx |24-07-2011 01:46:20
link:http://www.replica-watch-brand.com/Wholesale -tissot-motogp-watches_c
816 is a standard watches.The Fake link:http://www.replica-watch-brand.com/Wholesale -tissot-motogp-watches_c
816 are typically made by using durable steel and hold luxurious
appear.All our watches are made with strict standards which can
guarantee you could acquire the commodity with high-grade and stylish
fashion. link:http://www.replica-watch-brand.com/Wholesale -tissot-motogp-watches_c
816 of these varieties will be ready to serve you for years if you
take good care of it.In addition, we test our link:http://www.replica-watch-brand.com/Wholesale -tissot-motogp-watches_c
816 before sending them out to you.You can experience confident
about purchasing your link:http://www.replica-watch-brand.com/Wholesale -tissot-motogp-watches_c
816 from us.
fitri   |202.152.201.xxx |03-10-2011 01:12:03
info-info ttg BK sangat membantuq,,,,,
Adakah sekolah di sekitar sidoarjo yang
memiliki kualitas BK yang bagus?
thity   |27.112.67.xxx |03-11-2011 19:43:45
pendalaman bimbingan klasikaltuh kaya gmn c ?
aqga ngerti..

mkch ..^_^
iriana  - mhsswi BK 09 UNCEN   |182.2.25.xxx |09-11-2011 18:33:34
kok program layanan bk yang dirancang oleh guru bk saat ini belum dimasukn
bidang katuhanan dan kekeluargaan ya??
sebenarnya i2 perlu atw tdk ya??

bingung.ae!!!!???......
inza aandra   |114.79.49.xxx |06-01-2012 01:20:30
saya mempunya tugas bk tentang contoh layanan layanan bk
sandriesh  - SIMBK   |180.247.55.xxx |29-05-2012 08:11:53
saya mohon diberikan tutorial cara install aplikasi SIMBK karya bapak
Andorithanks
andi nur tamsil spd  - ko bkmentar     |180.251.169.xxx |29-08-2012 21:22:14
mari kt berbagi tentang bk,apalg bk bxk perubahan dan perkembangan,dari andi
diselayar
yola nurul riskania   |180.254.113.xxx |04-09-2012 03:13:56
kta harus bnyak mengetahui apa itu bk dan harus bnyk memahaminya
siti karmila   |125.162.219.xxx |26-09-2012 09:34:37
sya mengambil BK. di dalam mata kuliah sya, sya di ibgib bertanya. Apakah
kaitannya 9 layanan bimbingan konseling dengan 4 bidang konsleing serta fungsi
dari konseling.
Mohon bantuannya. TERIMA KASIH
dyah  - referensi   |36.73.231.xxx |05-06-2013 06:38:33
apa saja buku referensi yang membahas tentang layanan mediasi dalam BK?
levi   |223.255.231.xxx |20-06-2013 02:56:01
tlong ksh tw diskusi profesional itu apa? sma apa penjelasan untuk counselling
is a philosophy, counselling is a way of life, conselling is an attitude,
counseling is commitment, counselling is an action sma counselling is a world
view
ully permata sari  - ruang lingkup bk     |180.242.34.xxx |29-08-2014 00:45:59
Apa saja sih yang ada di dalam ruang lingkup bk, semoga bisa di jawab dengan
sejelas mungkin. Karena saya sangat butuh info ini.
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 

Tentang Founder

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya



lebih lengkap tentang Founder

You are here  :Home arrow Konseling arrow Layanan Konseling arrow Jenis-jenis Layanan dalam BK

Alexa Rank

Visitors Counter

mod_vvisit_counterToday221
mod_vvisit_counterYesterday1331
mod_vvisit_counterThis week4717
mod_vvisit_counterThis month22812
mod_vvisit_counterAll2008996

free counters

Mail Konseling Indonesia

 

Masuk....| Gratis Daftar

Copyright @ 2005 - 2014 KONSELINGINDONESIA | Bimbingan dan Konseling Indonesia. Powered By Konseling Indonesia
E mail : info@konselingindonesia.com