Konseling Indonesia BK | Bimbingan dan Konseling Indonesia | Pusat Referensi Konseling | - Perhitungan Jam Konselor Sekolah

Search Situs
Konseling Indonesia
Perhitungan Jam Konselor Sekolah PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 8
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh Ifdil   
Thursday, 01 January 2009

Perhitungan 24 Jam /perminggu Konselor Sekolah

Pelayanan konseling di sekolah/madrasah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir. Pelayanan konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik, secara individual dan atau kelompok, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, perkembangan, serta peluang-peluang yang dimiliki. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik.

Dalam pratik penyelenggaraan di sekolah banyak kendala yang dihadapi; apalagi dengan adanya tuntutan sertifikasi bagi konselor sekolah, permasalahan yang sering dihadapi diantaranya banyak konselor sekolah yang masih belum menyetahui tentang bagaimana sebenarnya perhitungan jam bagi konselor sekolah dengan beban perminggu 24 jam pelajaran sementara untuk guru Mata Pelajaran jelas, mereka harus mengajar sebanyak 24 jam pelajaran/minggu lalu bagaimana dengan konselor sekolah?

Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh konselor sekolah berkenaan dengan penyelenggaraan BK di Sekolah diantaranya :

1. Kegiatan pelayanan konseling dapat dilaksanakan di dalam atau di luar jam pembelajaran sekolah/madrasah. Kegiatan pelayanan konseling di luar jam pembelajaran maksimum 50 %.

2. Pelayanan konseling dilaksanakan dalam empat bidang Bidang Pelayanan Konseling

· Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik.

· Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.

· Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri.

· Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

3. Keempat bidang Pelayanan Konseling tersebut diselenggarakan didalam 9 (sembilan) Jenis Layanan Konseling dan enam kegiatan pendukung;

Sembilan jenis layanan tersebut adalah:

a) Orientasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah/madrasah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran peserta didik di lingkungan yang baru.

b) Informasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan.

c) Penempatan dan Penyaluran, yaitu layanan yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler.

d) Penguasaan Konten, yaitu layanan yang membantu peserta didik menguasai konten tertentu, terumata kompetensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga, dan masyarakat.

e) Konseling Perorangan, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam mengentaskan masalah pribadinya.

f) Bimbingan Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.

g) Konseling Kelompok, yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah pribadi melalui dinamika kelompok.

h) Konsultasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau masalah peserta didik.

i) Mediasi, yaitu layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antarpeserta didik.

Enam kegiatan pendukung tersebut adalah:

a. Aplikasi Instrumentasi, yaitu kegiatan mengumpulkan data tentang diri peserta didik dan lingkungannya, melalui aplikasi berbagai instrumen, baik tes maupun non-tes.

b. Himpunan Data, yaitu kegiatan menghimpun data yang relevan dengan pengembangan peserta didik, yang diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat rahasia.

c. Konferensi Kasus, yaitu kegiatan membahas permasalahan peserta didik dalam pertemuan khusus yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberikan data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik, yang bersifat terbatas dan tertutup.

d. Kunjungan Rumah, yaitu kegiatan memperoleh data, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya masalah peserta didik melalui pertemuan dengan orang tua dan atau keluarganya.

e. Tampilan Kepustakaan, yaitu kegiatan menyediakan berbagai bahan pustaka yang dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan diri, kemampuan sosial, kegiatan belajar, dan karir/jabatan.

f. Alih Tangan Kasus, yaitu kegiatan untuk memindahkan penanganan masalah peserta didik ke pihak lain sesuai keahlian dan kewenangannya.

4. Satu kali penyelenggaraan salah satu layanan konseling ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran;contohnya :

· Seorang konselor sekolah meyelenggarakan layanan konseling perorangan dengan salah satu siswa yang diselenggarakan diluar maupun didalam jam sekolah nilainya sama dengan 2 jam pelajaran walaupun didalam penyelenggaraan konseling perorangan tersebut hingga 3 jam nyata;

· Konselor sekolah menyelenggarakan satu kali bimbingan kelompok terhadap 10 orang siswa dinilai ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran;

· Konselor sekolah menyelenggarakan layanan informasi dengan topik misalnya ”peningkatan motivasi belajar siswa” terhadap siswa kelas XI. ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran.

· Pengadministrasian AUM umum atau PTSDL atau sosiometri kepada siswa kelas X dinilai ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran.

Dengan syarat pemberian layanan dilengkapi dengan Satuan Layanan (SATLAN) atau SATKUNG ) dan Penilaian Segera (Laiseg) (harus tertulis).

· Dengan katalain 2 jam pelajaran yang dimaksud bukan berarti 2 jam pelajaran melakukan pelayanan. Melainkan satu kali pelayanan ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran.

· Kesalah pahaman yang muncul misalnya untuk mendapat 24 jam pembelajaran Konselor sekolah harus masuk kelas sebanyak 24 kali dalam satu minggu karena biasanya waktu yang disediakan sekolah hanya 1 jam pelajaran tiap kelas satu minggu, hal itu dianggap tidak mungkin jika dihubungkan dengan 150 orang siswa asuh. 150 orang siswa asuh biasanya 4 kelas; artinya kalu masuk keempat kelas tersebut konselor Cuma memiliki 4 jam pembelajaran satu minggu; untuk mencukupi itu harus masuk 6 kali tiap kelas dalam satu minggu dan itu dipandang tidak mungkin; sehingga muncul pertanyaan kalau 150 orang 18 jam pembelajaran berapa orang siswa untuk 24 jam pembelajaran??.

· Sekali lagi ditegaskan bahwa satu kali layanan ekuivalen 2 (dua) jam pembelajaran dan konselor sekolah dapat menyelenggarakan Kegiatan pelayanan konseling di dalam atau di luar jam pembelajaran sekolah/madrasah. Kegiatan pelayanan konseling di luar jam pembelajaran maksimum 50 %.

· 150 orang siswa adalah lahan yang bisa digarap konselor sekolah untuk penyelenggaraan pelayanan konseling: artinya untuk mendapatkan 24 jam pembelajaran sangat mudah: misalnya dengan melakukan konseling perorangan kepada 12 orang siswa dalam waktu satu minggu artinya hal tersebut sudah bernilai 24 jam pembelajaran. Atau dengan menyelenggarakan 12 kali bimbingan kelompok juga bernilai 24 jam pembelajaran. Sekali lagi ditegaskan harus dilengkapi Dengan syarat pemberian layanan dilengkapi dengan Satuan Layanan (SATLAN) atau SATKUNG ) dan Penilaian Segera (Laiseg) (harus tertulis).

Semoga bermanfaat:

 

Comments
Search RSS
musyasy  - hm.....   |222.124.209.xxx |10-01-2009 06:18:46
wah tapi susah tu pelaksanaane....tapi keep spirit aja buat teman-teman...
sapta mahendra   |125.165.168.xxx |20-01-2009 22:31:47
salam BK... saya dengar sekarang ada program baru tentang BK Yaitu RPK (rencana
pelaksanaan konsling) Guru BK idealnya "jemput bola" dalam pelayanan BK
tidak lagi hanya menggunkan SATLAN atau SATKUNG mohon penjelasannya???
Nur Dinawati  - BK SMP Neg 2 Benteng Selayar sulsel   |125.167.186.xxx |27-01-2009 18:28:05
salam bk klo ble tau sapta uda ngajar or masih status mahasiswa. Btw bisa nga'
kta tukar info seputar bk? maksi belumnya
martini  - sarjana BK     |125.161.130.xxx |21-07-2009 09:36:57
"Program BK tentang RPK (rencana
pelaksanaan konsling)" dan Guru BK
idealnya "jemput bola" dalam pelayanan BK, serta penggunaan SATLAN atau
SATKUNG" itu adalah sudah sejak dulu kala, pelaksanaan suatu pekerjaan sudah
jelas harus ada "RENCANA", apalagi yang namanya menghadapi siswa (benda
hidup)
Veronica Indraswati, S.Psi.   |202.70.55.xxx |18-08-2009 05:29:09
Perlu sosialisasi yg jelas untuk format2 layanan BK krn selama ini yang sy amati
ternyata banyak guru BK msh kebingungan untuk menentukan format admin yg akan
digunakan. Mrk hnya piya piye n akhirnya admin hnya utk syarat tnpa paham apa
itu merupkn pakem ato ala kadarnya saja.Mohon kerjasamanya semua pihak tuk slg
mengisi dan melengkapi.Thx..
Bekti Satriadi - Guru BK SMKN   |125.165.187.xxx |29-04-2011 01:48:41
Banyaknya format dokumentasi layanan BK adalah khasanah yang perlu kita syukuri.
Kita tinggal memilih mana yang lebih mudah, tepat dan pas buat kita. Bila perlu
Ibu juga bisa membuat kombinasi dari yang ada itu. Yang penting maksudnya
ngerti.
sapta mahendra  - up 2 u   |202.162.205.xxx |10-12-2009 22:32:33
RPK itu sudah lama ada kata lain dari konseling perorangan yang disusun seperti
satlan tau satkung, "jemput bola" maksudnya guru bk gak lagi diam aja di
ruang tapi harus lebih memperhatikan peserta didik di lingkungan
banu   |222.124.3.xxx |24-02-2010 22:45:39
rpk nya mana dong
sapta mahendra   |125.165.168.xxx |20-01-2009 22:32:54
susahnya dimana???
daud yusuf   |125.167.184.xxx |03-02-2009 02:42:23
apa betul uda ada auturan bahwa konselor wajib masuk kelas..???
Bekti Satriadi - Guru BK SMKN   |125.165.187.xxx |29-04-2011 01:45:23
Tak perlu dipermasalahkan masuk kelas atau tidak. Layanan BK bisa dalam kelas
atau diluar kelas.
daud yusuf   |125.167.184.xxx |03-02-2009 02:47:09
sy tertarik dengan perhitungan 24 jam yang di informasikan tetapi bgm dengan
penetapan jam konselor dalam SK tugas disekolah..?? atau jam konselor tidak usah
di tulis dalam SK tugas.?
Bekti Satriadi - Guru BK SMKN   |125.165.187.xxx |29-04-2011 01:43:50
SK tetap berdasarkan jumlah siswa. Laporan layanan didasarkan pada program,
satlan dan satkung yang dibuat.
Drs. Yuddy TH Achsan  - Congratulation     |125.163.251.xxx |13-02-2009 22:25:16
Bravo atas meriahnya diskusi di forum ini.
Priti-Konselor SMP 37 Smg   |202.152.170.xxx |02-03-2009 07:10:22
Bukankah satlan dan satkung sudah include dalam program harian? Laiseg harus
tertulis? untuk layanan individual dan kelompok sih OK, tapi untuk layanan dg
format klasikal perlu dipertimbangkan waktu (1jam pembelajaran=40menit) untuk
memberikan layanan saja kadang kurang, kemampuan siswa untuk mengisi laiseg,
biaya (brp banyak untuk menggandakannya?). Bgmn bila secara sampling lisan saat
akan mengakhiri layanan?
Bekti Satriadi   |125.165.187.xxx |29-04-2011 01:41:46
satlan dan satkung lebih rinci daripada program harian.
Deni Kurniawan   |125.160.122.xxx |02-05-2009 23:27:10
Jangan penuh dengan idealisme. Ingat pelaksanaan di lapangan itu jauh berbeda
dengan teori yang ada. Jadi, tolong berfikir realistis.
(Deni Kurniawan,
08561745896)
nofrida     |125.162.72.xxx |16-05-2009 10:42:30
wah..bagus teorinya, tapi teori memang lebih mudah daripada langgusng terjun ke
lapangan...apalagi untuk sekolah yang masih terhitung baru dan jauh dari pusat
kota...pusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiang abiz...
dewi susilowati  - baru..ikutan...   |125.163.203.xxx |21-05-2009 01:39:14
Omg2 soal skul yg Baru.."tempat"q, terbilang skul yg" Beda".ak
kerja d'international school' level 'PRIMARY'/ umumnya (SD).trs terang agak
bingung buat 'njalanin'Konselingnya.is caused..kl'sesuai;program BK (KURIKULUM
BK)- biasane kan adanya di SMP/SMU...'so..ta'bikin'Conditional alias mix-match
aja..ADA YANG MAU BANTU..?/ share..tq b4..
ratna veronica  - bk sd   |202.53.242.xxx |25-05-2009 23:16:27
iya betuull,,aku setuju banget,,soalnya bk di sd itu kan diwajibkannya baru2
ini, jadi kita biasanya masih bingung sama program bk nya,,
kalo aku sih ikutin
aja kaya smp, tapi bedanya kalo sd itu penanganannya dengan orang tuanya,,
guru pembimbing smpn 12 sukabu   |125.163.91.xxx |24-05-2009 23:01:49
idealnya sih 1 orang guru pembimbing melayani 150 orang siswa n saya yakin
program BK akan berjalan mulus tapi gimana dengan sekolah yang hanya punya 1
orang guru pembimbing sementara jumlah siswanya di atas 5 ratus.......programnya
berantakan,bingung kan????minta solusinya!!!!!!!!
Bekti Satriadi   |125.165.187.xxx |29-04-2011 01:38:34
Di malaysia 1:500, tapi tetep jalan om. Yang penting dikerjain aja. Okle...
Abdul Gowi, S.Kep, Ns   |125.160.251.xxx |12-06-2009 20:21:45
Makasih ya? kita masih cari pola agar BK di PT dapat terlaksana coz banyak
sekali ADL kita yang harus dikerjakan tapi insya alloh hal tersebut bisa jadi
spirit buat kemajuan bangsa kita. amin
Muh. Husni Haruna   |125.167.185.xxx |23-06-2009 22:02:40
wah...kalau saya jarang pake satlan en satkung atau perangkat administrasi
lainnya, to do point aja kesiswa yang bermasalah, at masuk dikelas ngajar dan
berikan bimbingan sekitar masalah yang terjadi dan kalau kondisi lg aman
yah..berikan konsep tentang pengaruh globalisasi saat ini yang melanda remaja
dan sebagainya ( tergantung kondisinya ) saya rasa lebih efektif......
nur emiliah   |125.166.31.xxx |27-06-2009 04:26:23
emang kembali ke diri kita masing2 untuk pelaksanaan kegiatan bk tapi kalau dari
pengalaman dan ilmu yg baru aku peroleh dari UNJ untuk bk klasikal harus masuk
kelas sedang yang lain bk kelompok atau konseling itu bisa diluar jam, yah saya
juga pusing dengan penghitungan jam bk menurut acuan 150 siswa 18 jam tapi
kembali ke kepsek, seenaknya menghitung jam bk masa dihitung hanya satu kelas 1
jam kan pusing??????
roi   |118.96.129.xxx |22-07-2009 00:10:38
buat temen2 bk salam kenal aja
roi   |118.96.129.xxx |22-07-2009 00:11:39
tolong dong kirimi aku format administrasi Bk
nana   |114.125.9.xxx |26-03-2010 08:36:15
aku juga butuh
moh misbahuddin  - bk   |125.164.66.xxx |25-07-2009 20:43:04
Bapak Konselor saya adalah guru bk baru dimadrasah saya terus apa yang saya
siapkan administrasinya.saya belum lulus kulia di jurusan BK
Ina kasim mks   |125.167.184.xxx |29-07-2009 06:19:53
to misbahuddin, kamu tgs di mdrsh mana ? kalau di makassar saya bisa bantu.
jaya  - mana UU yag menguatkn   |125.162.117.xxx |20-08-2009 23:57:21
pak ifdil tolong Undang-undang atau SK yang menguatkan pendapat anda di tulis.
kepala sekolah gak percaya kalau cuma tulisan yg anda buat, pendapat anda bagus.
tapi tolong sumber yg menguatkan
Muhammad Hatta  - Hatta   |125.161.232.xxx |31-08-2009 18:16:53
Assalam, Saudaraku tolong bantu untuk kirimkan format administrasi BK SMP. Saya
sangat membutuhkannya. Jazakallah
CHRISMASTUTI  - siapppp laksanakan tugas     |202.70.58.xxx |22-01-2010 10:10:55
semangat BK...
saya guru BK di smp 1 sluke kab. rembang jateng...salam kenal
PUJI LESTARI   |125.163.179.xxx |09-03-2010 21:39:01
apakah hal diatas sesuai dengan PERMENDIKNAS ?
apakah hal diatas berlaku untuk
semua sekolah SBI dan diluar SBI ?
Minta dong........PERMENDIKNASnya mengenai
perhitungan jam konselor sekolah ......??
darmaji  - smp negeri 2 kota cirebon     |125.163.100.xxx |10-03-2010 19:44:24
Buku panduan tentang penghitungan jam yang dibuat oleh Ikatan bimbingan
konseling Indonesia (IBKS) yang dikomandoi pa hamdani sedang dalam penyelesaian
n yang difasilitasi pusat. kapan kami menerimanya.
nana   |114.125.9.xxx |26-03-2010 08:32:42
BK itu kok membingungkan sih,apalagi yang jurusan lain jurusan BK sendiri
pusing...apalagi dg perangkat2nya.laporan2 nya,formatnya kayak apa sih.tuk naik
pangkat dll.apa yang diperlukan.apakah BK itu harus dibedakan dg guru2 mata
pelajaran lain (terisolir).pusing....mhon penjelasan lebih ....
dhian   |125.167.66.xxx |12-05-2010 07:52:40
Kita hrs luwes aja yang penting kita ada data karena itu sebagai pertanggungan
jawab kita ketika ada pihak yang bertanya pengawas misalnya.KIta hrs kreatif dan
mengetahui apa sebenarnya yang dibuthkan anak2 kita jangan terlalu monoton.
siti ubahiyah  - bk   |110.137.224.xxx |10-10-2010 06:54:37
saya juga guru bk baru secara teori saya bingung karya seya pemula saya lulusan
Akuntansi,apa yang perlu disiapkan sebagai atministrasi BK
IW371417 gent watches     |220.250.23.xxx |15-10-2010 20:59:12
891231392348241239 :) watch sale ,biggest detain an Handbags also brand watches,
perfect sticker stuhrling watches , grin the midst of tastes watches mens also
Monaco CAW2114.FT6021 , authoritative considerate watch band plus replica
watches, craze is watch video and Piaget Watches, they are flog hot selling
food.
AMDANI SARJUN   |110.232.84.xxx |28-12-2011 20:16:48
Kalo sdh Satlan, Satkung gak usah RPK, Bimbingn Klasikal bukan mengajar jadi
waktunya bisa luwes (ingin info bisa hubungi kami), untuk administrasi dan bukti
fisik kita bila di buat dengan memanfaatkan teknologi akan mudah dan dan tidak
menjadi beban, sdh ada CD APLIKASI untuk bisa di gunakan, mulai dari merekap
hasil needasessmen sampai dengan penyiapan program, absensi dengan keefektifan
kehadiran siswa, DCM dan pekerjaan administrasi lainnya, 082111112363
iren sdk sanmar   |114.79.19.xxx |10-05-2012 23:21:44
kalau saya 2 th jadi guru bk sd bingung soal RPP dan administrasi yang bener2
pakem untuk BK itu apa saja.... dan pembagian jam mengajar itu sebetulnya guru
bk sd berapa sih beban mengajarnya...?
sucipto  - keterpaduan BK dengan KBM   |118.97.15.xxx |17-05-2012 23:43:36
TOLOOONG DOOONG... KAWAN2

mas semua ....
mau tanya bagaimana "keterpaduan
BK dengan KBM"
soalnya saya ada tugas buat makalah tentang itu....
kalau ada
yang mau ngasih materinya mohon di Attachkan ke Email
saya

ncep4885@gmail.com

terima kasihh
Hikmah  - administrasi BK   |182.11.207.xxx |21-11-2012 05:07:39
untuk teman2 yang mempunyai contoh administrasi BK, Laporan2 Bk dll, mohon kirim
ke email saya
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Tentang Founder

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya



lebih lengkap tentang Founder

You are here  :Home arrow PPK arrow Info PPK arrow Perhitungan Jam Konselor Sekolah

Alexa Rank

Visitors Counter

mod_vvisit_counterToday719
mod_vvisit_counterYesterday871
mod_vvisit_counterThis week1590
mod_vvisit_counterThis month25956
mod_vvisit_counterAll1949966

free counters

Mail Konseling Indonesia

 

Masuk....| Gratis Daftar

Copyright @ 2005 - 2010 KONSELINGINDONESIA | Bimbingan dan Konseling Indonesia. Powered By Konseling Indonesia
E mail : info@konselingindonesia.com