Konseling Indonesia BK | Bimbingan dan Konseling Indonesia | Pusat Referensi Konseling | - Pengertian Bimbingan dan Konseling

Search Situs
Konseling Indonesia
Pengertian Bimbingan dan Konseling PDF Cetak E-mail
Penilaian Pengguna: / 70
BurukTerbaik 
Ditulis Oleh Ifdil   
Friday, 09 May 2008

Bimbingan dan Konseling

Pengertian Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling berasal dari dua kata yaitu bimbingan dan konseling. Bimbingan merupakan terjemahan dari guidance yang didalamnya terkandung beberapa makna. Sertzer & Stone (1966:3) menemukakan bahwa guidance berasal kata guide yang mempunyai arti to direct, pilot, manager, or steer (menunjukkan, menentukan, mengatur, atau mengemudikan).


Prayitno dan Erman Amti (2004:99) mengemukakan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dapat dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku. Sementara, Winkel (2005:27) mendefenisikan bimbingan: (1) suatu usaha untuk melengkapi individu dengan pengetahuan, pengalaman dan informasi tentang dirinya sendiri, (2) suatu cara untuk memberikan bantuan kepada individu untuk memahami dan mempergunakan secara efisien dan efektif segala kesempatan yang dimiliki untuk perkembangan pribadinya, (3) sejenis pelayanan kepada individu-individu agar mereka dapat menentukan pilihan, menetapkan tujuan dengan tepat dan menyusun rencana yang realistis, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri dengan memuaskan diri dalam lingkungan dimana mereka hidup, (4) suatu proses pemberian bantuan atau pertolongan kepada individu dalam hal memahami diri sendiri, menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih, menentukan dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinya dan tuntutan lingkungan.

I. Djumhur dan Moh. Surya, (1975:15) berpendapat bahwa bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan untuk dapat memahami dirinya (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah dikemukakan bahwa “;;Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan”;;.

Berdasarkan pengertian di atas dapat dipahami bahwa bimbingan pada prinsipnya adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orang individu dalam hal memahami diri sendiri, menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan, memilih, menentukan dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinya dan tuntutan lingkungan berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Sedangkan konseling menurut Prayitno dan Erman Amti (2004:105) adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (disebut konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (disebut klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Sejalan dengan itu, Winkel (2005:34) mendefinisikan konseling sebagai serangkaian kegiatan paling pokok dari bimbingan dalam usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus.

Berdasarkan pengertian konseling di atas dapat dipahami bahwa konseling adalah usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengan tujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap berbagai persoalan atau masalah khusus. Dengan kata lain, teratasinya masalah yang dihadapi oleh konseli/klien.

Pustaka

I. Djumhar dan Moh. Surya. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Guidance & Counseling). Bandung : CV Ilmu.

Shertzer, B. & Stone, S.C. 1976. Fundamental of Gudance. Boston : HMC

Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Cetakan ke dua.

Winkel, W.S,.2005. Bimbingan dan Konseling di Intitusi Pendidikan, Edisi Revisi. Jakart a: Gramedia

Comments
Search RSS
ghie  - butuh bgd!!!   |125.160.99.xxx |22-09-2008 16:08:15
aqw butuh bgd sejarah lahirnya bimbingan dan konseling pertama kali di
dunia......
Budi Raharjo  - Sejarah singkat BK di Indonesia   |180.254.30.xxx |01-07-2012 19:41:56
Pertama berdiri jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (BP) di FKIP IKIP
Bandung tahun 1963 an. Tahun 1975 lahir organisasi profesi (IPBI) di
Malang.
Dalam setting formal sekolah : guru BP, Guru BP/BK, Guru Pembimbing,
Guru BK/konselor sekolah.
agus waltono  - bk   |125.163.212.xxx |14-10-2008 18:49:04
mohon dikirim sejarah perkembangan bk y ,buwat tugas ntar jam 11
mohammad Toha Al farizi  - help meee   |125.164.254.xxx |18-10-2008 09:00:05
saya ingin tahu bagaimana cara menguasai BK dengan cepat dan mudah......
Budi Raharjo  - Pahami BK dg benar   |180.254.30.xxx |01-07-2012 19:47:13
Silahkan dalami :
1. teori/pendekatan konseling,
2. Spektrum konseling
3.
Wawasan yang mantap tentang BK : pengertian, visi dan misi, prinsip, asas,
fungsi, tujuan dsb)
4. Rambu-rambu pelaks konseling dan kode etik konseling
5.
Pola 17 plus. (good luck)
yelni faizana putri  - mahasiswa BK   |124.81.213.xxx |21-10-2008 00:51:13
yelni pengen bgt bisa jadi guru BK yang paling disukai oleh siswa2 yelni nanti.
amin
Budi Raharjo  - Figur konselor sekolah   |180.254.30.xxx |01-07-2012 19:31:23
Kepribadian seorang konselor sekolah lebih dikedepankan dari menguasai
teori/pendekatan konseling.
1. Membangun hubungan baik dan menyamankan hati
siswa, misalnya menyambut kehadiran siswa pada pagi hari (ucap salam, jabat
tangan, sapa santun & pandang teduhnya)
2. Harus bisa senyum apapun masalah/
keadaan yang sedang Anda hadapi
3. Komunikatif, lembut bicara dan semangat,
tidak boleh marah
4. Menyajikan layanan dengan baik (ingat UCA), dan
menindaklanjuti
5. Adil, jujur, harus dekat dengan siswa tanpa alasan.
bSenyum
apapunKomunikatif dan ,
Admin  - Buat Yelni   |222.124.193.xxx |22-10-2008 20:38:42
Sebuah tujuan yang mulia, perbanyak belajar, rajin membaca dan jangan lupa
saling berbagi, mudah-mudahan cita-cita Yelni tercapai.
Admin  - Sejarah BK   |222.124.193.xxx |22-10-2008 20:39:47
Sejarah BK dan lahirnya Pola BK 17 Plus sudah Admin tulis dan muat dalam situs
ini
srie   |125.161.207.xxx |09-11-2008 23:54:17
latar belakang bk
turmudzi  - awl bk   |222.124.227.xxx |13-11-2008 21:24:47
1. sejarah awal bk di indonesia n di negara lain
muhammad adzroi  - gmna awalnya bk di Indonesia?   |125.162.76.xxx |07-01-2009 04:34:19
gmna awalnya bk di Indonesia?
Tlong blas cpat yah...
Btuh bget utk tugas bsok
tari  - bahan pengembang bimbingan   |222.124.224.xxx |04-02-2009 02:15:46
tlg donk bagi-bagi cara buat program bk
sura (undiksha)  - salutation   |125.167.110.xxx |13-02-2009 20:54:44
bagus bang.....
beberapa artikel memperjuangkan dasar
pemikirannya...
perjuangkan dasar pemikiran kita di PPk UNP
nahla   |125.164.121.xxx |17-02-2009 02:19:49
q btuh bgt tentang landasan teoritis dalam pengantar konseling.thanks
whee  - tanya ari n makna logo konseling   |124.195.53.xxx |27-02-2009 05:33:51
tanya arti n makna logo ABKIN dan Konseling dunk...
whee  - tanya dumz..   |124.195.53.xxx |27-02-2009 05:34:50
arti n makna logo Konseling n ABKIN tu apa ya????
siswoko   |125.167.145.xxx |28-04-2009 01:52:12
gue butuh bangat pengertian BK Karier menurut 10 para ahli
retr5u  - good!   |123.144.163.xxx |02-06-2009 02:13:18
link:http://www.u4game.com
Ahmad Hamdan   |118.96.192.xxx |07-06-2009 23:33:49
mau tau sejarah lahirnya Bimbingan dan penyuluhan (konseling) di dunia
donk


trus mau tau jg teori pendukug dari bimbingan dna oknseling


tolong d
bls secepatnya yah....


makasih
agnes N   |61.247.3.xxx |29-07-2009 22:06:58
tlong kalo ada kirimin pengertian BK lengkap, Fungsi Bk, dan tujuan,thank's y
oki  - BANTU-BANTU DONG   |118.136.151.xxx |14-08-2009 08:48:22
perkembangan dunia konseling di Indonesia dunk... ada yang tau g?
sisca cuby_face   |117.103.170.xxx |30-08-2009 22:00:05
Q mau tau definisi2 bimbingan dan konseling????buat tugas sekarang....
vero  - layanan bk   |125.163.198.xxx |08-09-2009 23:20:46
layanan bk itu apa saja??
Budi Raharjo  - Layanan BK   |180.254.30.xxx |01-07-2012 19:38:08
Saya cenderung setuju MENYAJIKAN layanan dari pada MELAKSANAKAN layanan.
(menyajikan seporsi makanan).
Dalam Pola 17 Plus : 9 jenis layanan (orientasi,
informasi, penguasaan konten, penempatan dan penyaluran, bimb kelompok,
konseling kelompok, konseling individual/perorangan, mediasi dan konsultasi)
tuti alawiyah   |125.160.171.xxx |09-09-2009 01:56:04
aku mau tahu sejarah perkembangan BK karir di Indonesia...
mulai dari siapa saja
tokoh yang berperan, tahunnya, dll....
tolong dikirim secepatnya ya..
ditunggu
ya..
terima kasih... ^_^
Muzainah  - mahasiswa   |222.124.214.xxx |13-09-2009 00:20:04
mohon di kirim definisi BK perkembangan menurut beberapa ahli
lala  - pn tau sjrh bk di ngr lain..   |118.96.209.xxx |21-09-2009 06:22:31
bantuin aku dunx, ku pgn tau sjrh bk d ngra lainnya coz ku lg punya tugzz.. plng
bnyak 7 ngrra aj, krmn k almt email aj scptnya... mksh.
TAFTY   |125.163.244.xxx |15-10-2009 20:35:06
APA PENGERTIAN MANAJEMEN BK
ririn  - tugas bk   |125.164.112.xxx |17-10-2009 03:01:09
mohon krm pengertian bimbingan kons menurt para ahli (10)
tara  - tolong dong...     |118.96.81.xxx |21-10-2009 02:29:26
bantu aku dong temen-temen...ada tugas nih.
disuruh cari pengetian
bimbingan

konseling
bimbian dan konseling

parahya tahun-tahun baru lagi....
dari
2005-2009
ada g y..
fauzan  - hatur nuhun   |125.163.56.xxx |23-11-2009 21:45:14
makasih yawh. . .atas artikel-artikelnya.ditunggu artikel-artikel berikutnya. .
.
heni  - silaturahim   |125.161.243.xxx |22-12-2009 01:22:37
Pengeen bgt ketemu tmn-tmn lain yang juga guru BK. Biar bisa berbagi pengalaman
dan ilmu..
rifna  - salam konselor   |125.165.159.xxx |26-01-2010 04:16:18
salam sejahtera muanya???
aku sgt tertarik dgn BK n sekarang aku ge mencoba
mendalami arti atau makna sebenarnya yang terkandung dalam BK,,,,
rifna  - salam kenal   |125.165.159.xxx |26-01-2010 04:17:55
salam konselor......aku tertarik banget dengan arti atau makna yang terkandung
dalam jiwa BK sesungguhnya
agung  - salam kenal   |125.167.176.xxx |12-02-2010 21:50:46
tolong kl ada kirim ke e-maik saya silabus layanan BK untuk SMA kelas X, XI, dan
XII semester I dan II. Trims..
nenk   |202.70.54.xxx |24-03-2010 14:55:33
kalau tentang sejarah BK di amerika n indonesia gimana ya?...
Anonymous   |110.139.211.xxx |03-08-2010 09:33:32
tanya yg beri .......
kiki shaquilaa ananda   |125.165.62.xxx |15-04-2010 21:47:55
gimana ya cara nya manjadi guru bk yg profesional???
muhajir  - Assalamualaikum   |125.162.41.xxx |03-09-2010 15:15:00
saya mahasiswa konseling,,,,,ingen tanyak tentang teori bimbingan dan
konseling...

dalam bimbingan konseling ada gak pengaruh pendidikan orang tua
terhadap prestasi belajar anak,.,.,!!!???
klo ada tolong donk muatin
teorinya,.,.,.!!!

1ge,.,.,.di t4 kami banyak yang gak ngerti bahkan tidak tw
apa bimbingan dan konseling tersebut,..,.,.gmana caranya tuk kita perkenalkan
bimbingan dan konseling pada mereka,dengan cara yang lebih mudah dan mereka
cepat mngerti tentang bimbingan dan
konseling,.,.,
trims,.,.
assalamualaikum.,.,.,.,., !!!
Oom Ismi Mustaqim  - Tertarik   |110.137.117.xxx |22-09-2010 07:38:10
Wah...

jadi makin tertarik nich wat kuliah ambil jurusan Bimbingan dan
Konseling............
chintya  - tolong donk kirimin pngertian bimbingan n konselin   |110.137.89.xxx |01-10-2010 08:20:55
btuh bgt ne..
tgas dsen..
bwd nilai mid
yuwan  - mau tau saya..   |202.152.172.xxx |06-10-2010 03:07:06
bagaimana memahami BK dengan mudah n bagaimana juga cara menerima penjelasan
dari dosen BK agar kita selalu faham..
iwan triwahyudi   |124.195.55.xxx |06-10-2010 20:12:49
apasih pengertian bimbingan konseling keseluruhan?
affan  - salam kenal   |182.2.180.xxx |12-10-2010 21:34:36
hmm lg butuh bahan kuliah ne masalah teknik dasar ketrampilan konseling
Fitriana sari   |110.137.200.xxx |09-11-2010 01:11:19
numpang nyedot boz...
thank's,
uqon  - gabungan   |110.137.185.xxx |04-02-2011 06:29:49
numpang lewat.................
erni.s  - asslamu alaikum   |110.136.250.xxx |02-03-2011 19:54:11
sebenarnya z nie lulusan di psntren.sjk mndok slm 3 thun sy ndak pernh dngar ad
istlh BK dipsntren.nah stelah z msuk di slh stu universitas yg kbtulan
mengharuskan km untk blajr ttntng BK.

z ndak ad dsr sm sx.mkax z psing untk
mengjar materi..mhon tman2 ....terbitkan lg artikel artikel yang baru ttng BK dn
isinya lbh komplit
yulist  - minta info referensi   |182.9.7.xxx |23-03-2011 05:54:41
AKu lagi butuh referensi yang memuat format layanan dan program BK.itu ada
dibukunya sapa,tahun,judul,penerbit..makasih..
Nawa   |125.165.44.xxx |14-07-2011 06:58:10
pelaksanaan kegiatan bimbingan klasikal meliputi apa saja? saya butuh referensi
untuk membuat skripsi. terima kasih.
nunu   |118.96.76.xxx |09-09-2011 07:11:30
ngebantu bgt nih buat refernsiiiiii tuigass ^^
monic  - bntuin dunk   |114.4.32.xxx |28-09-2011 07:07:27
q pngen wawasan ttg BK scara lngkap
neneng     |114.79.54.xxx |10-11-2011 19:30:45
makasii yya buat semua yg telah ngebantu saya :)
atikaaa  - tolongggg   |182.0.221.xxx |30-11-2011 14:25:32
saya mau tanya tentang pengertian bimbingan konseling itu apa??
saya dari
kemaren enggak ketemu -temu adanay bimbingan sendiri dan konseling
sendiriii...helpppp meeee
fast food games  - fast food games     |120.206.16.xxx |20-05-2012 21:58:01
I really enjoy this spreadsheet. I plan to use it. Thank you!and I look forward
sharing this with him. THANK YOU!I found so many interesting stuff in your blog
especially its discussion..Fast Food Games , andbDora Games are great sites,if
you have time you can have a look!May you have a good time!
intina widayanti   |118.97.95.xxx |21-05-2012 19:50:42
saya butuh tentang kelemahan dan kelebihan dari pola 17+ bp.. mohon dikirim ke
email saya .. terima kasih
intina widayanti   |118.97.95.xxx |21-05-2012 19:51:22
saya minta kelemahan dan kelebiha pola bp 17+
ahmat   |36.73.174.xxx |10-10-2012 08:14:26
gmn?
indri suriadi     |36.82.237.xxx |02-11-2012 02:47:31
mo nanya doong,
apa yang dimaksud
1. konseling internal,
2. konseling
eksternal
3. apa saja yang termasuk konseling umum
4. yang termasuk konseling
khusus
5. tokoh-tokoh yang mencetuskan konseling
tolong dibantu yaaaah
tri astuti  - BK di Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi   |101.203.168.xxx |22-11-2012 06:48:47
mau tanya ni . . . sebenarnya apa perbedaan program BK yang ada di sekolah
menengah dengan BK yang ada di perguruan tinggi?
lalu dalam hal layanan pun
apakah keduanya ada perbedaan?


MOHON dibalas ya . . . TERIMA KASIH
haifa md   |103.10.66.xxx |22-01-2013 02:24:01
contoh performance/percobaan BK Apa saja sih?
ferdi  - bimbingan dan koseling   |36.73.124.xxx |03-05-2013 02:24:38
saya mau tanya nih,,!

apa itu bk,,?

tolong kasih peengertianny min,,

1.apa
sih penttingny , fungsi,dan gunanya bk,,?

2.apa sih prospek kerja lulusan bk
dan bisa ke bidang apa ajja ?

3.bagaimana pandangan kalian bk di masa-masa
yang akan datang di butuhkan atau enggak
tolongg jawabanya,,
Saddam Husin MZ  - Contoh SILABUS dan SATLAN Kurikulum 2013     |118.97.151.xxx |03-07-2013 20:14:13
Asw. admin, jika berkenan. tolong share format baku Silabus dan Satlan BK
kurikulum 2013. terimakasih.


BK, Yes. Konselor, OK.
syafiqah  - bk   |114.79.12.xxx |27-08-2013 19:45:58
pagi...!! karena saya mahasiswi baru.. berikan arahan dalam gender n sexuality
doong... soalnya itu tugas,, masih bingung.. makasiiih
Only registered users can write comments!

3.26 Copyright (C) 2008 Compojoom.com / Copyright (C) 2007 Alain Georgette / Copyright (C) 2006 Frantisek Hliva. All rights reserved."

 

Tentang Founder

Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya



lebih lengkap tentang Founder

You are here  :Home arrow Konseling arrow Bidang Konseling arrow Pengertian Bimbingan dan Konseling

Alexa Rank

Visitors Counter

mod_vvisit_counterToday1221
mod_vvisit_counterYesterday1224
mod_vvisit_counterThis week6530
mod_vvisit_counterThis month33660
mod_vvisit_counterAll2061832

free counters

Mail Konseling Indonesia

 

Masuk....| Gratis Daftar

Copyright @ 2005 - 2014 KONSELINGINDONESIA | Bimbingan dan Konseling Indonesia. Powered By Konseling Indonesia
E mail : info@konselingindonesia.com